Senin, 06 Februari 2017

Batik

Batik adalah salah satu budaya bangsa Indonesia, karena sejak zaman nenek moyang dulu kita sudah bisa mengenal apa itu batik hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam motif batik pada keramik dan lain sebagainya. Indonesia kaya akan berbagai macam batik dengan teknik dan ragam hias yang beraneka ragam.
Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan majapahit dan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik di lakukan pada masa Kerajaan Mataram, kemudian pada masa Kerajaan Solo dan Yogjakarta. Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan raja-raja Indonesia zaman dulu. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana, kemudian menjadi pakaian yang digemari baik pria maupun wanita. Bahan kain waktu itu merupakan hasil tenunan sendiri. Sedang bahan pewarna yang dipakai terbuat dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang di buat sendiri.

Jika di lihat dari ornamennya, batik daerah di Indonesia bersumber dari ragam hias zaman prasejarah seperti motif geografis dan perlambangan.

Motif batik bisa di kelompokan dari beberapa jenis :
1. Motif geografis dengan pola tumpal, meander dan pola pilin.
2. Motif flora seperti dedaunan, tumbuhan menjalar dan lain sebagainya.
3. Motif fauna seperti burung, kupu-kupu dan lain sebagainya.
4. Motif benda alam seperti bebatuan, awan dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar